Setia dengan Aglonema

Metuk - Tanaman hias mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Tanaman hias dapat diletakkan di area rumah yang dapat membuat nyaman untuk dilihat. Marwoto dapat yang berusia enam puluh satu tahun adalah warga Desa Metuk yang mempunyai kecintaan terhadap tanaman hias.

Hobinya tersebut justru dapat menghasilkan nilai ekonomis. Di rumahnya, Dukuh Metuk RT.2/RW.2 dirinya mengelola usahanya. “Baru satu tahun usaha tanaman hias. Dulu pensiunan terus membuat usaha untuk mengisi waktu luang dan kesenangan ini, yaitu bertanam tanaman hias dan agronema,” kata Marwoto.

Dengan modal lima belas  juta rupiah, Marwoto membeli sedikit jenis tanaman hias dan kemudian mengembangkan hingga sampai saat ini memiliki. Marwoto merawat dan kembangkan hingga bertambah sampai saat ini. Pembelinya sudah dari berbagai wilayah Boyolali dan Tulung. Biasanya tanaman hias dijual mulai dari harga sepuluh ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Untuk penjualannya tidak menentu. Marwoto mengaku terkadang ada yang pesan 100 tanaman, 30 tanaman, dan sebagainya. Tidak menentu, paling banyak dari kalangan ibu rumah tangga. “Belinya langsung ke rumah. Kadang ada-kadang tidak, kadang bisa 100, 30 dan sebagainya,” kata Marwoto. Saat ini tanaman Marwoto belum disebarluaskan secara maksimal. Omzet yang didapatkan satu bulan bisa mencapai lima juta rupiah.

Marwoto membeli tanaman hias di daerah Bandungan. Pengelolaannya mudah, asalkan perawatannya rutin dan selalu diberi dan pupuk yang terjaga. Namun, untuk pengelolaan tanaman agronema memerlukaan ekstra perawatan. Tanaman tersebut bisa mati, jika cuaca sedang panas. Bagi warga yang berminat untuk memesan atau membeli tanaman hias tersebut dapat mengubungi nomor 082220474600. 

Berita Terkini
Pemkab Bangun Sentra UMKM
Rabu 18 Oktober 2017
Rembug Warga