Bisnis Travel yang Masih Menjanjikan

Metuk - Usaha jasa sewa bus pariwisata merupakan sebuah peluang usaha yang prospeknya sangat bagus untuk dikembangkan. Jika dunia wisata Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Makin hari makin bertambah masyarakat yang suka melakukan kegiatan wisata baik bersama keluarganya sendiri dan teman-temannya.

Bisnis travel MM Trans yang dikelola oleh Sumono ini menjadi jawaban atas masih terbukanya peluang usaha bus pariwisata. “Awalnya mendirikan soundsystem terlebih dahulu 1998 lalu baru MM Trans. Awalnya kerja di koperasi karena ada peluang tersebut dan banyak teman yang juga sebagai pelanggannya mendirikan usaha tersebut.” kata Sumono.

Sumono yang berusia empat puluh delapan tahun ini kini mempunyai dua armada bus. Rata-rata dalam waktu satu bulan bisa melakukan hingga dua puluh kali perjalanan ke luar kota. Tarif untuk penggunakan armada bus ini dua juta hingga enam juta rupiah. Tergantung jarak perjalanannya dan lamanya wilayah yang akan dikunjungi. Kini omzet pendapatannya bisa puluhan juta, tergantung ramainya pemesan travel MM Trans.

Ada dua karyawan yang bertugas sebagai driver. Saat ini sedang dibangun garasi yang terletak tidak jauh dari rumah Sumono. Selain usaha travel, Sumono juga memiliki usaha soundsystem yang diberi nama MM Soundsystem. Modal yang digunakan untuk mendirikan usaha tersebut satu setengah milyar rupiah. Soundsystem memerlukan alat yang baik untuk menunjang proses kegiatan atau event-event besar.

Ada delapan karyawan yang membantu mengelola usaha tersebut. Tarif sewa soundsystem sendiri untuk 3 set mencapai empat juta rupiah. Tergantung permintaan dan acaranya. Untuk usaha travel MM Trans, Sumono berharap agar kedepannya bisa berkembang. “Harapannya bisa berkembang, ada penambahan armada, dan ini sedang dibangun untuk garasi bus,” kata Sumono.  Bagi warga yang ingin memesan travel dan soundsystem di MM dapat menghubungi nomor 081218646963.

Berita Terkini
Pemkab Bangun Sentra UMKM
Rabu 18 Oktober 2017
Rembug Warga